Senin, Maret 24, 2008

THE WAY WE TRAIN; Hard, Smart, Fun, and Win

Ditulis oleh: Isan Aries Prasetya
*Ground Grappling Technique
Pada saat awal latihan GroundGrappling…seperti biasa kami akan memberikan beberapa theory mengenai GroundGrappling, seperti mengapa kita harus berlatih permainan bawah.
Ada dua alasan yang mendasari hal tersebut.
1. Perhitungan data statistik real fight / pertarungan jalanan berakhir di bawah.
Contoh : Pada saat kita kehilangan keseimbangan, baik karena pukulan, tendangan, dorongan & tarikan lawan kita pasti akan jatuh.
2. Pada saat situasi seperti, dibanting & jatuh karena ”takedown” atau bahkan pada saat kita kehabisan tenaga untuk berdiri pasti akan bergumul di lantai.

*Facts :
Banyak dari kita yang tentunya akan merasa kaget/bingung/takut/panik ( saya sendiri pernah mengalami hal tersebut ) pada saat menghadapi permainan bawah.
Baik kita yang ditindih lawan or kita yang menindih lawan...
Orang yang berada di posisi tertindih pasti akan berusaha membebaskan diri, berontak karena merasa terancam, dan akan bertambah parah pada saat konsentrasi kita berantakan menerima pukulan lawan.
Kondisi ini juga kurang menguntungkan bagi orang yang menindih dan kurang pengalaman...
Mereka pasti akan mulai memukul lawan secara bertubi-tubi, tanpa memikirkan tepat apa tidak.
Hal ini bisa berlanjut sampai kita kehabisan tenaga.

Melihat 2 alasan di atas kita sebagai praktisi beladiri tentunya sangat memehami betapa pentingnya untuk menguasai atau paling tidak mengenal teknik permainan bawah.
Note : bagi standup fighter mengenal permainan bawah sangat berguna untuk kesempurnaan
Teknik beladirinya. ( bisa melakukan teknik antisipasi, dll ).
Tapi bear in mind, dalam pertarungan jalanan sebisa mungkin kita hindarkan main bawah, karena bila bertarung dibawah ada banyak tools yg dapat membahayakan kita, dari batu sampai pasir. tetapi bila memang perkelahian dibawah sudah kita hadapi, sebisa mungkin kita bisa menyelamatkan diri dari posisi yang tidak menguntungkan.
*Bagaimana dengan orang awam??
Berlatih MAGZ :
( orang awam di sini kami posisikan sebagai orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang beladiri dan ground technique )
Kami akan memberikan contoh kondisi pertarungan pada saat mereka ditindih atau menindih lawan ( dipraktekan langsung ke yang bersangkutan ).
Hasilnya sesuai dugaan, banyak dari mereka yang bergerak serampangan, memukul bertubi-tubi tanpa memikirkan stamina mereka...bahkan ada yang tidak melakukan apapun karena bingung dan bahkan panik...
( seperti yang Rekan David kemukakan di dalam tulisannya bahwa di dalam real fight amat dibutuhkan ketenangan, yang sangat sulit didapatkan apabila kita dalam kondisi stressfull karena panik tadi).
Panik disini banyak kemungkinannya, bisa karena terancam or karena tidak mengenal situasi ini sebelumnya.
So, what you waiting for, let’s join with us MAGZ!
Isan Aries Prasetya

Tidak ada komentar: